Sabtu, 21 Maret 2015

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan


Selain berguna untuk kecantikan, di bidang kesehatan pun Jeruk nipis ini memiliki peran yang sangat penting.

Jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi, selain itu juga mengandung Asam sitrat, Asam amino, Minyak Atsiri, Glikosida, Asam Sitrun, Lemak, Kalsium, Fosfor, Besi, Belerang Vitamin A, B1. Selain buah nya, daun dan bunga Jeruk nipis juga mengandung minyak terbang.

Simak berbagai manfaat nya untuk kesehatan disini yah..

1. Membantu Program Diet


Diet dengan Jeruknipis? Kenapa tidak?? Jeruk nipis adalah pilihan yang bagus untuk Anda yang ingin timbunan lemak nya cepat terkikis.

2. Sariawan, Gusi Berdarah, dan Panas Dalam


Jeruk nipis dipercaya mampu mencegah penyakit yang disebabkan karena kurangnya Vitamin C, seperti Sariawan, Gusi berdarah dan panas dalam. Berkumur dengan jeruk nipis juga mampu bau nafas.

Selain itu Jeruk nipis ini juga dapat membantu memenuhi kebutuhan Vitamin harian anda. Setiap porsi jeruk nipis manis berisi minimal 50mg Vitamin C. Sedangkan, kebutuhan Vitamin C pada pria dewasa adalah 90mg dan sekitar 75mg pada perempuam dewasa.  Jadi, anda tak perlu khawatir, untuk mendapatkan Vitamin C dalam bentuk alami sehari-hari. Anda hanya perlu menambahkan jeruk nipis manis dalam menu harian anda.

3. Mengobati Batuk


Jeruk nipis adalah salah satu obat yang paling mujarab untuk meredakan batuk. Caranya, siapkan air hangat secukupnya, kemudian peras 1buah jeruk nipis dicampur dengan 1 sendok makan kecap atau madu, lalu beri sedikit garam, aduk hingga merata dan saring. Minum 2-3kali sehari.

Atau, bisa juga perasan jeruk nipis tersebut ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, minum 1 kali sehari sampai sembuh.

4. Batuk disertai Flu


Potong 1buah jeruk nipis masak, kira-kira yang mengandung air cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasan tersebut dengan 60cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih, aduk hingga rata. Minum ramuan ini 2kali sehari 2 sendok makan.

5. Mengobati Amandel 

Mungkin belum banyak yang tahu, kalau ternyata, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit Amandel. Caranya, Ambil 3 buah jeruk nipis, cuci dengan air bersih, lalu potong-potong menjadi bagian-bagian kecil, rebus dengan 2 gelas air  mendidih, hingga tersisan 3/4 gelas dan saring. Tunggu hingga hangat, kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur, 3-4kali sehari.

6. Radang Tenggorokan


Peras 3 buah jeruk nipis masak, lalu seduh air perasan nya dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan 1sendok makan madu sambil di aduk rata. Selagi hangat, gunakan ramuan in untuk berkumur selama 2-3menit. Lakukan 3kali sehari.

7. Membersihkan Lendir di Tenggorokan


Peras 2 buah jeruk nipis, tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata, dan ramuan siap diminum. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.

8. Haid Tidak Teratur


Caranya, ambil 3 sendok makan air perasan jeruk nipis, tambah 1 sendok makan madu dan 2gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

9. Sehabis Melahirkan


Agar perut terhindar dari keriput , tetap halus dan kempis seperti sediakala, gunakan ramuan jeruk nipis ini. Caranya, Peras 2 butir jeruk nipis kampung, tambah dengan 1 sendok makan kapur sirih dan 2 sendok makan minyak kayu putih, balurkan rata pada perut. Lakukan selama 3bulan, setiap hari sehabis mandi.

10. Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok


Iris 1buah jeruk nipis, isap, kemudian minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari. Maka akan dapat membantu mengurangi keinginan anda untuk merokok.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar